Contoh Percakapan Bahasa Inggris Singkat 12 Berbagai Topik

SAMPAI SINI-->
Kursus Inggris - Cara berbicara bahasa Inggris diawali dengan berlatih sebanyak mungkin contoh percakapan pendek bahasa Inggris. Topik yang akan kita pelajari kali ini adalah:
  1. Asking and giving encourage, persuasion and hope = Meminta dan memberi dorongan, Persuasi dan harapan.
  2. Giving and answering about deterring and prohibition = Menghalangi dan melarang
  3. Asking and answering plan and purpose = Bertanya dan menjawab rencana dan tujuan
  4. Asking and giving prediction = Meminta dan memberi prediksi
  5. Asking giving criticism = Meminta memberikan kritik
Topik dialog pendek seperti diatas biasanya dipelajari di kelas 12. Untuk topik kelas 10 dan 11 bisa lihat DISINI dan DISINI.

1. Percakapan Pendek Bahasa Inggris tentang Encouraging, Persuading and Hoping

Topik pertama percakapan bahasa Inggris adalah mendorong dan menyemangati (encouraging), membujuk (persuading), dan juga berharap (hope).
Encourage adalah menyakinkan dan mendorong seseorang dan mengajak
Diawali dengan mengenal beberapa kalimat, klosa atu frase yang sering dipakai dalaam encouraging, persuading, dan hopin lantas akan semaking mudah untuk memehami contoh dialog nya.

A. Ungkapan yang Digunakan:
  • Come on    = Ayolah
  • Don't give up =    Jangan menyerah.
  • Go on =    Teruskan!
  • Keep at it = Terus melakukannya!
  • Keep it up = Menjaga!
  • You can do it =    Anda dapat melakukannya!
  • Stick to it = Tetap pada itu!
  • Don't worry, I'm sure you'll do better this time = Jangan khawatir, saya yakin Anda akan melakukan lebih baik saat ini.
  • Would it be possible for you to …? = Itu akan memungkinkan Anda untuk...?
  • Won't you …, please? = Tidak Anda..., silahkan?
  • Why don't you …? = Mengapa tidak Anda...?
  • Just this once!    = Hanya sekali!
  • You're not going to let me down, are you? = Anda tidak akan membiarkan saya turun, Apakah Anda?
  • How I can persuade you to …? =    Bagaimana saya dapat meyakinkan Anda untuk...?
  • Could you/Couldn't you be persuaded …? = Bisa Anda / tidak bisa Anda dapat dibujuk...?
  • Come on you can do it. Just this once =    Ayo pada Anda dapat melakukannya. Hanya sekali.
  • How can I persuade you to participate in the story writing contest? = Bagaimana saya dapat meyakinkan Anda untuk berpartisipasi dalam kisah lomba?
  • Just believe in yourself. I know you can do your best =    Hanya percaya pada diri sendiri. Aku tahu Anda dapat melakukan yang terbaik.
  • You're not going to let me down, are you? = Anda tidak akan membiarkan saya turun, Apakah Anda?
  • Don't worry, I'm sure you'll do better this time = Jangan khawatir, saya yakin Anda akan melakukan lebih baik saat ini.
  • I don't think its was a good idea = Saya tidak berpikir mereka adalah ide yang bagus.
  • I don't (particularly) like your story = Aku (terutama) tidak suka cerita Anda.
  • I hope you will do it better next time = Saya berharap Anda akan berbuat lebih baik kali berikutnya.
  • I don't think you should do that = Saya tidak berpikir Anda harus melakukannya.
  • I wish all the best for you = Saya berharap semua yang terbaik untuk Anda.
B. Contoh Percakapan Encouraging and Persuading and Hoping
Doni : Hi, Andra. How are you?
Andra : Doni! What a surprise! I’m fine, thanks. How about you?
Doni : I’m OK and you know ...? I won the short story contest.
Andra : That's great. Congratulations.
Doni : Thank you.
Andra : Actually I also sent my short story for he contest. But 2I failed miserably.
Doni : That’s too bad. But don’t worry about it. All you need is a little more practise. Why don't you send your short stories to a newspaper or magazine?
Andra : Yeah, 5I'll consider that. But, as a matter of fact, I’m pessimistic that my story will be accepted for the newspaper or magazine.
Doni : Come on. Don’t give up!
Andra : OK. I'll try to send my short stories to the newspaper. Anyway, I'm thinking of maybe stopping writing short stories.
Doni : I don’t think you should do it.
Andra : Thank you for telling me.
Doni : I do hope that your story will be published in a newspaper or magazine.
Andra : Well, I hope that so.
Terjemahan dari Percakapan Bahasa Inggris tentang Encouraging and Persuading and Hoping
Doni: Hai, Andra. Bagaimana keadaanmu?
Andra: Doni! Apa kejutan! Aku baik-baik, terima kasih. Bagaimana denganmu?
Doni: saya OK dan Anda tahu...? Aku memenangkan kontes cerita pendek.
Andra: Itu besar. Selamat.
Doni: Terima kasih.
Andra: Sebenarnya saya juga mengirimkan saya cerita pendek untuk dia kontes. Tapi 2I gagal total.
Doni: Itu terlalu buruk. Tapi jangan khawatir tentang hal itu. Yang Anda butuhkan adalah sedikit lebih berlatih. Mengapa Anda tidak mengirim cerita pendek Anda ke koran atau majalah?
Andra: Ya, 5I akan mempertimbangkan bahwa. Tapi, sebagai soal fakta, aku pesimis bahwa cerita saya akan diterima untuk koran atau majalah.
Doni: Ayo. Jangan menyerah!
Andra: OK. Saya akan mencoba untuk mengirim cerita pendek saya ke koran. Anyway, saya berpikir mungkin menghentikan menulis cerita pendek.
Doni: saya tidak berpikir Anda harus melakukannya.
Andra: Terima kasih untuk memberitahu saya.
Doni: saya berharap bahwa cerita Anda akan diterbitkan di koran atau majalah.
Andra: Yah, kuharap itu begitu.

2. Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris tentang Deterring and Prohibiting

Deterring adalah merekomendasikan seseorang untuk TIDAK melakukan sesuatu atau mencegah  semenetara prohibting adalah melarang seseorang untuk melakukan sesuatu. Seperti contoh diaog diatas, kita awalai dulu dengan beberapa useful frase yang biasa dipakai untuk deterring dan prohibitng

A. Ungkapan yang Sering Digunakan untuk Prohibiting
  • I wouldn't do that if I were you = Aku tidak akan melakukannya jika aku jadi kau.
  • If I were in your position, I wouldn't... = Jika saya berada di posisi Anda, saya tidak akan...
  • I wouldn't … if I were in your shoes = Aku tidak akan... jika saya berada di sepatu Anda.
  • You would be well advised to/not to... = Anda akan disarankan untuk/tidak untuk...
  • If I were you I wouldn't ... = Kalau aku jadi kau aku tidak akan...
  • The way I see it, you should/shouldn't... = Cara saya melihatnya, Anda harus/sebaiknya tidak...
  • I wouldn't recommend... = Saya tidak akan merekomendasikan...
  • I wouldn't advise... = Saya tidak menyarankan...
  • I don't think you ought to... = Saya tidak berpikir Anda harus...
  • I don't think you should... = Saya tidak berpikir Anda harus...

B. Percakapan Pendek Bahasa Inggris about Prohition

Mother : Lucy wash your hands before eating.
Lucy   : Yes, mom.
Mother : And turn off the tap before you leave the wash basin. Don't let the water overflow.
Lucy   : Okay, Mom. but why?
Mom    : oh .... Lucy, don't forget that it is the dry season now.
Lucy   : yes Mom, I watch them on television
Mom    : So, you cannot let water flow for nothing, while a lot of people outside are unable to use even a small amount of it. We should help the planet to preserve water for everyone.
Lucy   : Yes Mom, I'll always remember that.

Terjemahan dari Percakapan Pendek Bahasa Inggris about Prohition
Mother : Lucy wash your hands before eating.
Lucy   : Yes, mom.
Mother : And turn off the tap before you leave the wash basin. Don't let the water overflow.
Lucy   : Okay, Mom. but why?
Mom    : oh .... Lucy, don't forget that it is the dry season now.
Lucy   : yes Mom, I watch them on television
Mom    : So, you cannot let water flow for nothing, while a lot of people outside are unable to use even a small amount of it. We should help the planet to preserve water for everyone.
Lucy   : Yes Mom, I'll always remember that.

3. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Asking and Answering Plan

Contoh percakapan ketiga adalah ungkapanyang membicarakan bertanya dan menjawab tentang rencana yang akan dilakukan di waktu yang akan datang.
Dudi : What's your plan after leaving high school, Adi?
Adi : I’m planning on maybe studying Indonesian literature. How about you, Dudi?
Dudi : I'm thinking of going teaching. After leaving the college, I’m going to go to Papua. I want to teach the children of this remote spot.
Adi : Really? It's so far away, Dudi. What do you want to achieve?
Dudi : Well, 8I hope I can do something to make myself useful.

Terjemahan dari Percakapan Bahasa Inggris Asking and Answering Plan

Dudi : Apakah rencana Anda setelah meninggalkan sekolah tinggi, Adi?
Adi : aku 'm berencana mungkin belajar sastra Indonesia. Bagaimana Anda, Dudi?
Dudi : saya berpikir akan mengajar. Setelah meninggalkan college, aku akan pergi ke Papua. Saya ingin mengajar anak-anak tempat terpencil ini.
Ad : benar-benar? Itu adalah sejauh, Dudi. Apa yang ingin Anda capai?
Dudi : Yah, 8I berharap aku bisa melakukan sesuatu untuk membuat diriku berguna.

4. Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris Asking and Giving Prediction

Tema percakapan selanjutnya adalah predicting. INi adalah cara bertanya dan menjawab suatu prediksi atau perkiraan akan terjadinya sesuatu.
Arief: What are you doing here?
Nisa : I’m looking for a novel actually.
Arief: Have you found any interesting?
Nisa : I’ve found a novel but I found it was not very good.
Nisa : What book was that?
Arif : Mrs Dalloway by Virginia Woolf.
Nisa : I’ve read the novel. I feel the same way, too. I don’t understand the story. It’s complicated.
Arif : Yeah. I predict that it won’t be s best seller.
Nisa : I along with your prediction. However, I will make a speculation to buy that book.
Arif : Oh really? Well I just can hope you won’t regret.

Arti dari Percakapan Pendek Bahasa Inggris Asking and Giving Prediction
Arief: Apa yang Anda lakukan di sini?
Nisa: saya mencari sebuah novel sebenarnya.
Arief: Apakah Anda menemukan salah satu yang menarik?
Nisa: saya telah menemukan sebuah novel, tapi aku menemukan itu tidak baik.
Nisa: Buku apa itu?
Arif: Mrs Dalloway oleh Virginia Woolf.
Nisa: saya telah membaca novel. Saya merasa cara yang sama, juga. Saya tidak mengerti cerita. Itu rumit.
Arif: Ya. Saya memperkirakan bahwa itu tidak akan s terlaris.
Nisa: Aku bersama dengan prediksi Anda. Namun, aku akan membuat sebuah spekulasi untuk membeli buku itu.
Arif: Oh benar-benar? Yah saya hanya bisa berharap Anda tidak akan menyesal.

5. Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris Asking Giving Criticism

Tema dialog kelima adalah criticizing yaitu memberi kritik terhadap suatu hal atau karya. Ingat dalam pelajaran teks review, memberi dan menulis ulasan ini bersifat subjective tapi sangat proporsioanal.
Rina : Are you interested in a movie tonight?
Anto : Mmm maybe. What's on?
Rina : There's a new Dirty Harry movie playing.
Anto : Oh, I can't stand Clint Eastwood! He's so boring. All he does is stand around and try to look macho.
Rina : Oh, come on! Well, then, how about a James Dean movie? They're showing Rebel Without a Cause at Cinema City.
Anto : Now that sounds interesting! I've never seen it, and I really like James Dean.

Arti dari Percakapan Pendek Bahasa Inggris Asking Giving Criticism
Rina: Apakah Anda tertarik dalam film malam ini?
Anto: Mmm mungkin. Apa yang ada di?
Rina: Ada film Dirty Harry baru bermain.
Anto: Oh, I cant stand Clint Eastwood! Dia begitu membosankan. Semua ia lakukan adalah berdiri di sekitar dan mencoba untuk melihat macho.
Rina: Oh, ayolah! Nah, kemudian, bagaimana tentang film James Dean? Mereka menunjukkan pemberontak tanpa penyebab di Cinema City.
Anto: Sekarang Kedengarannya menarik! Aku belum pernah melihat itu, dan aku benar-benar seperti James Dean.

Itulah 5 topik contoh percakapan pendek bahasa Inggris yang biasanya dipelajari di kelas 12 di semester genap. Dialog pendek bahasa Inggris sangat bagus untuk berlatih role play atau bermain peran. Dengan cara begitu kemampuan berbicara bahasa inggris kita akan semakin bagus.

Arti yang diberikan diatas dimaksudkan hanya untuk membantu bila terjadi kesulitan atau ada kosa kata (vocabulary) yang belom tahun artinya. Arti yang diberikan juga terkesan kaku dan tidak begitu enak dibaca, maklum hasil kerja kerasa sebuah traslator tool yang sudah banyak disediakan di Internet. Untuk itu pemahaman berdasar kemamuan mestinya akan lebih begruna dari pada outomatic language translator seperti diatas. Selamat belajar!

0 Response to "Contoh Percakapan Bahasa Inggris Singkat 12 Berbagai Topik"

Post a Comment