Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris 10 Bermacam Topik

SAMPAI SINI-->
Kursus Inggris - Ada beberapa tema pada kelas 10 semester genap sebagai  contoh percakapan pendek bahasa Inggris dalam konteks transactional atau intepersoanal speaking. Tema atau topik dalam dialaog ini biasanaya sebagai dialaog bahasa Inggris dipelajai bangku sekolah menengah.
  1. Thanking
  2. Complimenting
  3. Congratulating
  4. Unbleieving , shocked, surprised
  5. Invitating
Kelima tema percakapan bahasa Iggris diatas akan diberikan meliputi ungkapan, frase, dan kalimat umum yang sering dipakai dan dilanjutkan denagan contoh dialognya serta tidak lupa disertakan dengan terjemahannya juga. Yang tahun contoh percakapan bahasa Inggris untuk kelas 11, dan 12 lihat DISINI dan DISNI

1. Percakapan Bahasa Inggris Thanking

Tema percakapan ungkapan thanking dan gratitude adalah cara mengucapakan terima kasih setelah menerima bantuan atau suatu barang dari seseorang.
A. Ungkapan yang dipakai
Thanks
Terima kasih

Thanks a lot
Terima kasih banyak

Thank you so much
Terima kasih begitu banyak

Thank you kindly
Terima kasih kamu baik sekali

I can’t thank you enough
Saya tidak bisa cukup berterimakasih kepadmu

I don’t know how to thank you
Saya sungguh tidak tahu cara berterimakasih kepadamu

I really appreciate your help
Saya sunggu menghargai bantuanmu

I owe you one
Saya berhutangbudi kepadmu

Thank you for all your help
Terima kasih atas semua bantuanmu

What would I do without you
Apa yang bisa saya lakukan tanpa bantuanmu

You are an angle
Kamu penolongku

You are very kind
Kamu sangat baik B. Contoh Percakapan Pendek Tentang Thanking
Huda : Hello Indah. How are you this morning?
Huda : Hello Indah. Bagaimana kabarmu pagi ini?

Indah : Hi, Huda. Fine, thanks . And you?
Indah : Hai, Huda. Baik, terima kasih. Dan Kamu?

Huda : I’m just fine, thank you.
Huda : Aku baik-baik saja, terima kasih.

Indah : Please come in and have a seat.
Indah : Silakan masuk dan duduklah.

Huda : Thanks . I’m returning your brother’s sports magazine. Here it is and thanks.
Huda : Terima kasih banyak. Aku kesini untuk mengembalikan majalah olah raga saudaramu. Ini majalahnya dan terima kasih.

Indah : It’s all right. Would you like any other magazine or newspaper to read?
Indah : Oh iya. Apakah kamu ingin baca koran atau majalah yang lain?

Huda : Yes, please. how kind of you . Can I see today’s newspaper?
Huda : Ya, mau. Kamu baik sekali. Dapatkah aku melihat koran hari ini?

Indah : Of course. Here it is.
Indah : Tentu saja. Ini.

Huda : Thanks, Indah. By the way, would you do me a favour?
Huda : Terima kasih, Indah. Omong-omong, apakah kamu mau bantu aku?

Indah : Why not? What can I do for you?
Indah : Mengapa tidak? Apa yang bisa aku lakukan untuk kamu?

Huda : Could you tell your brother how grateful I am for his help to lend me his magazine?
Huda : Bisakah kamu memberitahu saudaramu betapa saya berterima kasih atas bantuannya untuk meminjamkan majalahnya?

Indah : Oh, sure. I’ll tell him.
Indah : Oh, tentu. Aku akan memberitahunya.

Huda : Great. Thanks.
Huda : Baguslah. Terima kasih.

2.  Percakapan Bahasa Inggris Complimenting

Complimenting adalah cara menyampaikan pujian terhadap suatu kebaikan yang dilakukan oleh orang lain. Percakapan complement menjAdo salah satu topik yang paling sering digunakan dalam belajar berbicara bahasa Inggris.


A. Ungkapan Yang Digunakan
You are fantastic.
Kamu fantastis

You’re terrific.
kamu luar biasa

You look great!
kamu hebat

You look nice.
Kamu tampak hebat

You are looking good.
Kamu keliahtan bagus

May I say how elegant you look.
Bolehkah saya sampaikan betapa elegannya Anda

you are quite charming.
Kamu cukup ceria

My compliments on your beautiful.
Pujianku karean kecantikanmu

I really must express my admiration for your party.
saya sungguh harus ucapkan kekagumanku pada pestamu

What a charming dress!
Betapa cerahnya baju kamu

That’s a very nice coat!
Itu adalah jaket yang bagus

I like your hair style!
Saya suka dengan gaya rambut barumu

What a nice dress!
Betapa bagusnya bajumu

You’re looking glamorous.
Kamu tampak glamor
B. Contoh Percakapan Pendek tentang Complimenting
Dean: Tomo. You look great today! I love your new hair style.
Dean: Tomo kamu keliaht keren hari ini. Saya suka dengan gaya rambut baru kamu

Tomo: Thank you very much, Dean. You look great, too.
Tomo: Terima kasih, Dean. kamu juga kelihatan hebat

Dean: Thanks, Tomo. By the way, how was your test? Have you got the result?
Dean: Terima kasih, Tomo. Omong omong bagaimana hasil ujianmu. Sudah tahu hasilnya?

Tomo: Yes, I’ve got it. You know what? I have passed for the final test. I’m so happy right now.
Tomo: Ya, tahu tidak? Saya lulus ujian. Saya begitu bahagia sekarang

Dean: That’s great. Congratulations! How’s the score?
Dean: Baguslah. Selamat. Bagaimana nilainya?

Tomo: Thanks God. I got the highest score for the test.
Tomo: Saya dapat nilai tertinggi dalm ujian itu

Dean: Wow, that’s amazing. I know you are very smart, Tomo. Well done!
Dean: Wow, luarbias. Saya tahu kamu sangat pintar, Tomo.

Tomo: Thanks for your compliment, Dean. You are so kind.
Tomo: Terima kasih atas pujianya, Dean. Kamu begitu baik.

Dean: Never mind Tomo. It’s my pleasure.
Dean: Tidak apa-apa, Tomo. Saya senang kok.

3. Percakapan Bahasa Inggris Congratulating

Conratulating adalah cara kita menyampaikan ucapan selamat karena prestasi yang diraih oelh seseorang. Congratulation ini memang topik percakapan bahasa Inggris yang harus dipelajari ketika duduk di banku sekolah menengah.

A. Ucapan Yang Digunakan
Please accept my warmest congratulations.
Tolong terimalah ucapan selamat dari saya

I’d like to be the first to congratulate you on..
Saya ingin yang pertama mengucapkan selamat pada..

It was great to hear that....
Begitu hebat mendengar bahwa....

Congratulations on your...
Selamat atas...

I must congratulate you.
Saya harus ucapkan selamat kepadmu

May I congratulate you on...?
Bolehkan saya ucapkan selamt untuk ...?

Congratulations!
Selamat ya!

Congratulations on your...
Selamat atas...
B. Contoh Percakapan Pendek Tentang Congratulation
Riska: Is it true what the newspaper’s headline said?
Riska:Benar tidak headline surat kabar kemarin?

Ardi : What news?
Ardi : Kabar apa?

Dono : The news about you winning the national novel writing competition. Is it really you?
Dono : Kabar tentang kamu yang memenangkan lomba menulis novel. Apa benar itu kamu?

Ardi : Yeah. It is me.
Ardi : Iya itu aku

Riska: Congratulations! We’re happy for you.
Riska: Selamat ya. Btapa bahagianya kamu

Ardi : Thanks a lot guys.
Ardi : Terima kasih banyak teman

Dono : It’s a terrific job, Ardi.
Dono : Kerja hebat Ardi

Ardi : Oh, no, I guess it’s just my luck.
Ardi : Tidak juga, mungkin hanya keberuntuganku saja

4. Percakapan Bahasa Inggris Expressing Surprised dan Shocked

Ungkapan surprise ini meliputi suasana ketika kita merasa shocked, surprised, atau merasa tidak percaya (unbelieving) dengan adanya suatu kabar atau kejadian

A. Ucapan Yang Diigunakan
Really?
Sungguh?

That’s very surprising.
Itu sangat mengejutkan

What a surprise!
Betapa mengejutkannya

My goodness
Oh..

I find that very surprising.
Saya angap itu sangat mengejutkan

I must say it surprises me.
Saya harus bilang itu mengejutkan saya

I find it extraordinary.
Saya anggap itu luar biasa

Indeed?
Sungguh?

How very surprising.
Betapa mengejutkannya
B. Contoh Percakapan Pendek Tentang Surprise
Ado : Hey Ina. How are you?
Ado: Hei Ina. Bagaimana keadaanmu?

Ina : I am fine, Ber. You should?
Ina: Aku baik-baik, Ber. Anda harus?

Ado : I am fabulous. I am learning at Oxford University now.
Ado: saya hebat. Saya belajar di Universitas Oxford sekarang.

Ina : Wow, awesome! Truly?
Ina: Wow, awesome! Benar-benar?

Ado : Yeah. It is my vacation with the goal that I am in Indonesia now. I’ll be back to England one month from now.
Ado: Ya. Ini adalah liburan saya dengan tujuan yang saya di Indonesia sekarang. Aku akan kembali ke Inggris satu bulan dari sekarang.

Ina : Are you staying at the residence?
Ina: Anda tinggal di residence?

Ado : No. I am staying in a leased house with different companions from Indonesia there.
Ado: No. saya tinggal di sebuah rumah sewaan dengan sahabat yang berbeda dari Indonesia ada.

Ina : That’s incredible. I can’t trust it.
Ina: Itu luar biasa. Aku tidak percaya itu.

5. Percakapan Bahasa Inggris Invitation

Tema invitation dalam percakapan pendek bahasa Inggris itu selalu meliputi
1. How to invite, bagaimana cara mengundang seseorang
2. Accepting invitation< bagaimana cara mengucapakan ketika menerima undangan
3. Refusing invitation, bagaimana mengatakan ketika kita menolak suatu undangan
ketiga ungkapan bahasa Inggris diatas harus dipelajari dalam belajar percakapan pendek bahasa Inggris invitation

A. Ungkapan yang Digunakan
1. Making Invitations = Cara membuat undangan
I would like to invite you to dinner next Sunday at my home.
Saya ingin mengundang  Anda makan malam di rumah pada hari Minggu

I was wondering if you’d like to come to dinner on Wednesday evening.
Saya sangat ingin bahwa Anda bisa hadir ke ruma makan malam pada hari Rabu sore

Would you like to have dinner with us on Saturday?
Apakah kamu mau datang untuk makan malam dengan kami pada hari Sabtu

What/How about dinner tonight?
Bagaiman kalau makan malam bersama malam ini?

Let’s go to our place for dinner.
Ato pergi ke rumahku untuk makan malam
2. Accepting Invitations = Menerima Undangan
Thanks for your invitation. I’d be delighted to.
Terimah kasih atas undangannya, itu menyenangkan

Thank you. I’d love to.
Terima kasih. Saya senang

Yes, thanks. That would be wonderful.
Ya, terima kasih. Itu luar biasa

OK. All right.
Sepertinya bagus pasti menyenangkan

3. Refusing Invitations = Menolak undangan
I’m terribly sorry. I have other plans for that night.
Saya sungguh minta  maaf karena saya sudah ada rencan malam ini

I’d really like to, but I have an appointment that day.
Saya sangat senang tetapi saya sudah membuat janji dengan sesorang
.
Thanks for asking, but I’m afraid I’m busy.
Terima kasih atas undanganya tapi maaf saya tidak bisa karean sibuk

I can’t. I’ve got a lot of work to do.
Saya tidak bisa. Saya banyak pekerjaan

Sorry. I’m already tied up.
maaf saya sudah ada rencana lain
B. Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris Tentang Invitation
Dona: Hello Bevan, how are you?
Dona: Halo Bevan, apa kabar?

Bevan: I am great, howdy Dona! Long time no see you. How have you been? What’s happening with you now?
Bevan: Baik, hi Dona! Sudah lama tidak berjumpa denganmu. Apa kabar? Apa yang kau lakukan sekarang?

Dona: Good, Bevan. All things considered, you know, I have such a variety of employments and it makes me very occupied. I hear that you’re doing a property business. Is that genuine?
Dona: Baik Bevan. Yah, kau tahu, aku sibuk bekerja. Aku dengar, kau berbisnis properti saat ini. Apakah itu benar?

Bevan: Yeah, you’re correct. I attempted it a year back and today despite everything i’m battling with this business.
Bevan: Ya benar sekali. Aku mencobanya setahun yang lalu dan hingga saat ini aku masih terus berjuang dengan bisnis ini.

Dona: Nice Bevan! I am glad to see your name on the daily paper. It appears that you have been the most mainstream property entrepreneur in this city.
Dona: Bagus sekali Bevan! Aku bangga melihat namamu di koran. Kau sepertinya sudah menjAdo pebisnis properti paling populer di kota ini.

Bevan: Hahahaha, I’m simply fortunate Dona.
Bevan: Hahahaha, aku hanya beruntung Dona.

Dona: Bevan, I will get hitched. Will you go to my wedding and turn into the female buddy? I require you, my closest companion.
Dona: Bevan, Aku akan menikah. Bersediakah kau datang ke pesta pernikahanku dan menjAdo pendamping wanita? Aku memerlukanmu, sahabat terbaikku.

Bevan: Wow, that is the most energizing news I’ve ever heard.
Bevan: Wow, itu adalah kabar paling menggembirakan yang pernah aku dengar.

Dona: This is the welcome letter, Bevan. All in all, what about that?
Dona: Ini undangannya Bevan. JAdo, bagaimana?

Bevan: obviously I come!
Bevan: Tentu saja aku datang!

Dona: Thank you Bevan.
Dona: Terima kasih Bevan.

Bevan: You’re wlcome Dona.
Bevan: Sama-sama Dona.

Itulah 5 topik dalam contoh percakapan pendek bahasa Inggris. Kelimanya diberikan dalam bentuk yang sangat singkat sehigga bisa dengan mudah untuk dipraktekkan. Mempraktekkan cara berbica pada topik-topik tertentu ini biasa kita sebut sebagai role play. Motode bermain peran ini dianggap sebagai cara terbaik dan termurah sebagai immersing study bahasa Inggris. Semoga beguna.

0 Response to "Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris 10 Bermacam Topik"

Post a Comment