Pengertian Report Text Bahasa Inggris

SAMPAI SINI-->
Inilah pengertian report text bahasa Inggris yang paling banyak dicari. Tulisan dengan bentuk teks report dalam bahasa Inggris bisa saja hanya melaportkan peristiwa dan fenomena yang terjadi. Namun agar tidak membingungkan dengan jenis teks recount, maka teks dengan jenis report juga harus memberikan penjelasan atas peristiwa dan fenomena yang sedang dilaporkan tersebut.

Kalau kita lebih teliti hampir semua tulisan di koran dan surat kabar biasanya ber-genre report yang sudah dikembangkan sampai tingkat lanjut. Maka teks report yang demikian itu juga kadang menyatakan masalah dan menyarankan solusi atas masalh tersebut.
pengertian teks report dan petunjuk cara menulisnya

Tujuan Teks Report Dalam Bahasa Inggris

Tujuan utma para penulis menyusun teks report nya adalah untuk memberikan gambaran dan dan mengelompokkan berbagai informasi tentang objek yang sedang dilaporkan. Penggambaran akan object yang sedang dibicarakan tersebut memiliki patokan-patokan yang logis dari fakta-fakta aan suatu objek tersebut tanpa keterlibatan opini sang penulis. Karena begitulah teks report dalam essay bahasa Inggris ini bersifat sangat objective dan berbeda dengan engertian narrative text yang besifat subjective.

Objek yang bisa dijadikan tema tulisan teks report bahasa Inggris ini ada beberapa macam. Penuslis teks report bisa menjelasakan dan memberi gambaran tentang  mahluk hidup misalnya tumbuhan, hewan, dan juga sekolpok manusia. Teks report juga bisa menjelasakan tentang  benda yang tidak hidup misalnya mobil, sepeda, batu, gunung, bencaca alam, dan lainnya. Begitu juga dengan hal-hal abstrak seperti korupsi, kejujuran, kepandaian, kedisiplinan juga bisa dijadikan bahan dalam menulis teks report bahasa Inggris.

Struktur Penulisan Teks Report dalam Bahasa Inggris

Struktur yang kita maksud disini adalah cara penulis mengorganisir paragraf-paragrafnya sehingga terbentukla satu essay yang utuh. Struktur ini dalam rangkah belajar jenis teks bahasa Inggris disebut dengan generic structure. Unsur struktur teks report adalah:

1. Pernyataan pembuka atau Opening Statement. Dalam buku-buku pegangan bahasa Inggris di sekolah SMA sering disebut sebagai General Classification, yaitu suatu paragraf yang memperkenalkan topik pembicaraan tentang suatu object dalam kelompok, species, group, dll. Tekr report tidak membahasa suatu topik hal secar khusus. Itulah yang membedakan denga perngertian descriptive text.

2. Serangkaian fakta tentang berbagai aspek dari objek yang sedang dibicarakan. Dalam pembahasan pada buku-ku bahasa Inggris, paragrfa ini sering disebut dengan istilah Descriptions. Penggambaran secara menyelusuh apa dan bagaimana objek yang dibicarakn tersebut, misalnya menjelaskan apa, dimana, dan kapan tentang suatu objek tersebut. Penjelasan tentang akta-fakta ini dikelompokkan kedalam beberapa paragraf dan setiap paragraf memiliki topik utama.

Dalam banyak teks report yang panjang dan dianggap sangat ilmiah, para penulis tekr report sering menggunakan berbagai media penjelasan seperti diagram, foto, ilustrasi dan peta dapat digunakan untuk meningkatkan kedetialan tulisan.

Kecenderungan Pola Bahasa Yang digunakan Dalam Teks Report

Setiapjenis teks dalam wacana bahasa Inggris sering menggunakan model, style dan pola kebahasaan yang berbeda antara jenis teks yang satu dengan jenis lainnya. Dalam report text, para penulisnya sering menggunakan kecenderungan bahasa atau language feature sebagai berikut
1. Penggunaan Noun atau Noun Phrase. Dalam teks report bahasa Inggris agak jarang memakai Personal Pronoun
2. Kebanyakan Teks report bahasa Inggris ditulis dalam Simple Present Tense.
3. Beberapa teks report sering menggunakan istilah teknis atau ilmiah makanya membaca teks report cenderung sulit dan sering banyak kosa kata yang tidak diketahui artinya
4. Teks Report sering memakai Linking Verb seperti is, are, has, have, belong to, untuk memeberikan sifat koherensi tulisan
5. Menggunakan Action Verb seperti eat, clim, fly, dll
6. Teks report dalam bahasa Inggris sering memakai bahasa deskriptif  yang faktual dan bukan imagnatif misalnya colour, shape, size, body parts, habits, behaviours, functions, uses, dan lainnya

Contoh Teks Report dalam Bahasa Inggris

Penjelasan akan pengertian report text diatas sudah cukup panjang dan jelas tentang apa dan bagaimana teks report itu. Akan lebih bagus lagi kalau kita sajikan beberapa contoh-contoh tulisan pendek yang bisa dikalasifikasikan sebagai teks report. Untuk itu, baca artikel berikut!

7 Contoh Report Text Pendek Bahasa Inggris Beserta Artinya

11 Contoh Report Text bahasa Inggris

Begitulah pengertian report text bahasa Inggris yang bisa dijadikan rujukan para siswa dan siswi yang sedang belajar bahasa Inggris berbasis teks. Cara belajar bahasa Inggris yang sperti ini disebut Learning English Through Text Based Approach dan banyak dipakai di beberapa sekolah di Indonesia, auustralia, Singapore, dan Thailand

Sumber tulisan tentang pengertian dan definisi report text ini adalah:
http://englishonline.tki.org.nz/English-Online/Teacher-needs/Reviewed-resources/Reading/Features-of-text-forms/Reports

0 Response to "Pengertian Report Text Bahasa Inggris"

Post a Comment